Jumat, 04 November 2011

Karangan Ilmiah

BAB I PENDAHULUAN

A.       Tujuan
Makalah ini kami susun untuk melengkapi tugas mata kuliah bahasa Indonesia, selain itu juga dalam rangka pembelajaran dan sharing untuk menambah ilmu pengetahuan tentang bagaimana membuat sebuah karangan ilmiah yang benar.  Dan secara tidak langsung mahasiswa dapat belajar dari proses pembuatan makalah ini maupun dari proses presentasi.

B.       Permasalahan
Dari materi yang kami dapatkan pada beberapa sumber, maka permasalahan yang akan kami bahas dalam makalah ini mengenai beberapa jenis karangan ilmiah sebagai berikut:
1.         Artikel.
2.         Makalah.
3.         Laporan.
4.         Skripsi.

BAB II PEMBAHASAN

A.            Artikel
1.    Pengertian artikel
Artikel ilmiah  adalah karya tulis yang dirancang untuk dimuat dalam jurnal atau buku kumpulan artikel yang ditulis dengan tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang telah di sepakati atau ditetapkan.

2.    Artikel hasil penelitian dan artikel non penelitian
Artikel penelitian merupakan hasil-hasil penelitian yang ditulis dalam bentuk artikel untuk kemudian diterbitkan dalam jurnal-jurnal memiliki kelebihan-kelebihan dibanding dengan yang ditulis dalam bentuk laporan teknis resmi. Laporan teknis resmi memang dituntut untuk berisi hal-hal yang menyeluruh dan lengkap sehingga naskahnya cenderung tebal dan direproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas, dan akibatnya hanya kalangan yang sangat terbatas saja yang dapat membacanya. Sebaliknya, hasil penelitian yang ditulis dalam bentuk artikel biasanya dituntut untuk berisi hal-hal yang penting-penting saja setiap kali terbit, sebuah jurnal memuat beberapa artikel sehingga ruang yang tersedia untuk sebuah artikel terbatas. Singkatnya, hasil penelitian yang ditulis dalam bentuk artikel dalam jumlah akan memberikan dampak akademik yang lebih cepat dan luas daripada laporan teknis resmi.
Sedangkan artikel non penelitian mengacu pada semua jenis artikel ilmiah yang bukan merupakan laporan hasil penelitian, seperti menelaah suatu teori, konsep, atau prinsip; mengembangkan suatu model, mendeskripsikan fakta atau fenomena tertentu, menilai suatu produk, dan masih banyak jenih yang lain. Karena beragamnya jenis artikel ini, maka penyajiannya didalam jurnal sangat bervariasi.

3.    Isi dan sistematika penulisan artikel
Sistematika penulisan artikel yang lebih dari 20 halaman mengikuti sistematika laporan penelitian.
Isi dan sistematika artikel penelitian secara umum yang berlaku untuk hasil penelitian kuantitatif ataupun kualitatif. Berikut sistematikanya adalah (1) judul, (2) nama penulis, (3) sponsor, (4) abstrak dan kata kunci, (5) pendahuluan, (6) metode, (7) hasil, (8) pembahasan, (9) kesimpulan dan saran, dan (10) daftar rujukan.
Sedangkan  artikel non penelitian berisi hal-hal yang sangat esensial; karena itu biasanya jumlah halaman yang disediakan tidak banyak (antara 10-20 halaman). Unsur pokok yang harus ada dalam artikel non penelitian dan sistematikanya adalah (1) judul artikel, (2) nama penulis, (3) abstrak dan kata kunci, (4) pendahuluan, (5) bagian inti, (6) penutup, dan (7) daftar rujukan.

4.    Pengorganisasian isi artikel
Pengorganisasian isi mengacu kepada cara penataan urutan isi yang akan dipaparkan dalam artikel. Isi yang dimaksud dapat berupa fakta, konsep, prosedur, atau prinsip. Tipe isi yang berbeda memerlukan penataan urutan yang berbeda, tergantung pada struktur isinya.
Berikut ini adalah langkah yang perlu dilewati untuk menghasilkan pengorganisasian isi artikel yang baik: (1) mengindentifikasi tipe isi yang akan dideskripsikan dalam artikel, (2) menetapkan struktur isi, (3) menata isi kedalam strukturnya, (4) menata urutan isi, dan (5) mendeskripsikan isi mengikuti urutan yang telah ditetapkan.

B.             Makalah
1.    Ciri pokok makalah
Makalah yang merupakan salah satu jenis karangan ilmiah memiliki ciri atau karakter seperti berikut. Secara umum,  ciri-ciri makalah terletak pada sifat keilmiahannya. Artinya, sebagai karangan ilmiah, makalah memiliki sifat objektif, tidak memihak, berdasarkan fakta, sistematis, dan logis. Berdasarkan kriteria ini baik tidaknya suatu masalah dapat diamati dari signifikasi masalah atau topik yang dibahas, kejelasan tujuan pembahasan, kelogisan pembahasan, dan kejelasan pengorganisasian pembahasannya.
Berdasarkan sifat dan jenis penalaran yang digunakan, makalah dapat dibedakan menjadi 3 macam : makalah deduktif, makalah induktif, makalah campuran.
Dari segi jumlah halaman, dapat dibedakan makalah panjang dan makalah pendek.

2.    Isi dan sistematika makalah
Secara garis besar makalah panjang terdiri atas tiga bagian: bagian awal, bagian inti, dan bagian akhir. Isi ketiga bagian tersebut dipaparkan sebagai berikut.

a.       Isi Bagian Awal
Halaman Sampul
Daftar Isi
Daftar Tabel dan Gambar (jika ada)
b.       Isi Bagian Inti
Pendahuluan
             Latar Belakang Penulisan Makalah
             Masalah atau Topik Bahasan
             Tujuan Penulisan Makalah
Teks Utama (Pembahasan)
Penutup
c.       Isi Bagian Akhir
Daftar Rujukan
Lampiran (Jika ada)

C.            Laporan
1.    Pengertian laporan
Laporan penelitian adalah karya tulis yang tulis yang berisi paparan tentang proses dan hasil-hasil yang diperoleh dari suatu kegiatan penelitian.


2.    Dasar-dasar laporan
Dasar-dasar laporan meliputi tiga hal pokok yaitu:
a.        Menyusun data kedalam susunan yang baik yang dapat memudahkan penyusunan laporan sewaktu memerlukannya.
b.       Membuat kerangka laporan.
c.       Melakukan uji silang (check) antara indeks data dengan kerangka laporan yang disusun.

3.    Sifat laporan
Laporan penelitian dapat disajikan dengan format bebas dan format tetap. Laporan yang ditulis dengan format bebas tidak dibatasi jumlah babnya serta isi masing-masing babnya. Laporan penelitian dengan format tetap harus mengikuti laporan tertentu mengenai jumlah bab dan isi tiap-tiap bab.

4.    Macam-macam laporan
Macam-macam laporan dilihat dari segi cara penulisanya yaitu:
a.       Laporan penelitian kuantitatif.
Laporan kuantitatif disajikan secara lugas, objektif, dan apa adanya. Isi pokoknya adalah apa yang diteliti, bagaimana penelitian dilakukan, hasil-hasil, serta kesimpukan penelitian.

b.       Laporan penelitian kualitatif.
Laporan penelitian kualitatif merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan penelitian kualitatif. Karena dimaksudkan untuk mengungkapkan gejala atau fenomena secara menyeluruh maka laporan kualitatif mampu memberikan gambaran yang utuh dan kontekstual tentang topik yang diteliti.

5.    Struktur laporan formal
 Struktur laporan formal terdiri atas tiga bagian utama, yakni bagian awal, bagian inti, bagian akhir. Bagian awal berisi abtrak, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, dan daftar lampiran. Bagian inti berisi paparan tentang keseluruhan aktifitas yang dilakukan dan bagian akhir berisi daftar rujukan serta lampiran-lampiran.

6.    Bahasa sebuah laporan
Bahasa sebuah laporan untuk dapat menghasilkan pelaporan penelitian yang baik perlu diperhatikan hal-hal berikut:
a.        Penulisan laporan penelitian hendaknya mengutamakan sudut pandang subjek dalam memahami realita
b.       Penulisan hendaknya tidak bersifat penafsiran atau evaluatif.
c.       Tidak terlalu banyak menyajikan data.
d.       Penulisan laporan hendaknya menyusun jadwal penyusunan laporan penelitian secara rinci.
   
D.            Skripsi
1.    Pengertian skripsi
Skripsi merupakan karya ilmiah dalam suatu bidang studi yang ditulis oleh mahasiswa program sarjana (S1), program magister (S2), dan program doktor (S3) pada akhir studinya. Karya ilmiah ini merupakan salah satu persyaratan untuk menyelesaikan program studi mereka yang dapat ditulis berdasarkan hasil penelitian lapangan, hasil kajian pustaka, atau hasil kerja pengembangan (projek).

2.    Persyaratan isi skripsi
Aspek-aspek yang harus ada dalam penulisan sebuah skripsi meliputi:  (1) aspek permasalahan, (2) aspek kajian pustaka, (3) aspek metodologi penelitian, (4) aspek hasil penelitian, (5) aspek kemandirian

3.    Sistematika penulisan skripsi
Berdasarkan isi dan sistematika skripsi sebagai laporan hasil penelitian kuantitatif dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu bagian awal, bagian inti, dan bagian akhir. Masing-masing bagian dapat dirinci sebagai berikut.

Bagian Awal
         Hal-hal yang termasuk dalam bagian awal adalah:
                   Halaman Sampul
                   Lembar Logo
                   Halaman Judul
                   Lembar Persetujuan
a)      Lembar Persetujuan Pembimbing
b)      Lembar Persetujuan dan Pengesahan
                                           Abstrak (Untuk disertasi perlu ditambahkan abstrak dalam bahasa inggris)
                                           Kata Pengantar
                                           Daftar Isi
                                           Daftar Tabel
                                           Daftar Gambar
                                           Daftar Lampiran
                                           Daftar lainnya
Bagian Inti
         Bagian ini berisi inti skripsi dan disertasi yang meliputi:
BAB I         PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang Masalah
B.     Rumusan Masalah
C.     Tujuan Penelitian
D.     Hipotesis Penelitian (jika ada)
E.      Kegunaan Penelitian
F.      Asumsi Penelitian (jika diperlukan)
G.     Ruang Lingkup dan Keterbatasan Penelitian
H.     Definisi Istilah atau Definisi Operasional
BAB II        KAJIAN PUSTAKA
A.     ....
B.     ....
C.     ....
BAB III      METODE PENELITIAN
A.     Rancangan Penelitian
B.     Populasi dan Sampel
C.     Instrumen Penelitian
D.     Pengumpulan data
E.      Analisis Data
BAB IV      HASIL PENELITIAN
A.     Deskripsi Data
B.     Pengujian Hipotesis
BAB V       PEMBAHASAN
A.     ....
B.     ....
C.     ....
BAB VI      PENUTUP
A.     Kesimpulan
B.     Saran
Bagian Akhir
         Pada bagian akhir ini termuat :
                   Daftar Rujukan
                   Pernyataan Keaslian Tulisan
                   Lampiran-lampiran
                   Riwayat Hidup

4.    Tahap-tahap penyusunan skripsi
a.             Persiapan
1)        Pemilihan Topik
2)        Penentuan Judul
3)        Penulisan Kerangka Karangan
b.             Pengumpulan Data
c.             Penyusunan Data
d.             Pengetikan
e.             Pemeriksaan

BAB III PENUTUP

Berdasarkan makalah yang kami susun, kami menarik kesimpulan yang diharapkan dapat bermanfaat bagi pembaca.

A. Kesimpulan
1.       Artikel
Artikel  adalah karya tulis ilmiah yang dirancang untuk dimuat dalam jurnal atau buku kumpulan,  artikel ditulis dengan tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang telah disepakati atau ditetapkan.

2.       Makalah
Makalah adalah karya tulis ilmiah yang menyajikan permasalahan dan pembahasannya berdasarkan data di lapangan atau kepustakaan yang bersifat empiris dan objektif.

3.       Laporan
Laporan adalah karya tulis ilmiah yang memaparkan data hasil temuan di lapangan atau instansi perusahaan tempat kita bekerja. Jenis karya ilmiah ini merupakan karya ilmiah untuk jenjang diploma III (DIII).

4.       Skripsi
Skripsi adalah karya tulis ilmiah yang mengemukakan pendapat penulis berdasarkan pendapat orang lain (karya ilmiah SI). Karya ilmiah ini ditulis untuk meraih gelar sarjana.

B. Saran-saran
Kami mengharapkan makalah ini dapat membantu dan bermanfaat bagi pembaca dalam penulisan sebuah karangan ilmiah, tentunya kami sadar makalah ini jauh dari sempurna, oleh karena itu kami juga menghimbau para pembaca untuk tidak hanya tergantung pada makalah ini saja, tetapi juga dapat mengembangkan ketahap yang lebih baik.

DAFTAR PUSTAKA

[ http : // www.pdf-engine.net / view.php?bt = BAHASA-INDONESIA-DALAM PENULISAN-KARYA--ILMIAH-&lj diakses tanggal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar