Rabu, 09 November 2011

FIFO

Karakteristik yang membedakan queue (antrian) dari stack adalah cara menyimpan dan mengambil data dengan struktur first in first out (FIFO). Hal ini berarti elemen pertama yang ditempatkan pada queue adalah yang pertama dipindahkan.

FIFO (first in first out) memiliki pengertian masuk pertama maka keluar pertama, yang abstak dalam cara mengatur dan manipulasi data yang relatif terhadap waktu dan prioritas. Ungkapan ini menjelaskan prinsip dari teknik pemrosesan atau melayani permintaan bertentangan dengan memesan proses pertama datang, pertama dilayani (FCFS) perilaku: apa yang masuk pertama adalah menangani pertama, apa yang datang di depan menunggu sampai pertama selesai, dll.

Queue
Queue merupakan salah satu contoh aplikasi dari pembuatan double linked list yang cukup sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Istilah yang sering dipakai seseorang masuk dalam sebuah antrian adalah enqueue. Istilah yang sering dipakai bila seseorang keluar dari antrian adalah dequeue.  

Implementasi queue dengan linear array

Linear array adalah suatu array yang dibuat seakan-akan merupakan suatu garis lurus dengan satu pintu masuk dan satu pintu keluar.

Implementasi array dengan circular array

Circular array adalah suatu array yang dibuat seakan-akan merupakan sebuah lingkaran dengan titik awal(head)dan titik akhir(tail) saling bersebelahan jika array tersebut masih kosong.



Implementasi queue dengan double linked list

Selain menggunakan array, queue juga dapat dibuat dengan linked list.Metode linked list yang digunakan adalah double linked list.

Contoh Permasalahan

Implementasikan program simulasi tempat parkir. Program simulasi ini didasarkan pada persoalan berikut.  Ada suatu tempat parkir yang jalan masuknya hanya mampu memuat 1 baris mobil saja, jadi jika ada 5 buah mobil yang akan parkir harus mengantri dipintu masuk dan yang pertama datang pada antrian maka akan pertama masuk kedaerah parkir dan seterusnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar